Memuat Laman Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Balitbang dan Perbukuan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tentang Pusat Asesmen dan Pembelajaran
Home Tentang Kami
Kedudukan Tugas dan Fungsi

Pusat Asesmen dan Pembelajaran merupakan unit organisasi Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan di bidang asesmen dan pembelajaran.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran dipimpin oleh Kepala Pusat yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran mempunyai tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan asesmen pendidikan dan pengembangan pembelajaran serta urusan ketatausahaan Pusat.

Dalam melaksanakan tugas Pusat Asesmen dan Pembelajaran menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan kebijakan teknis pengembangan asesmen pendidikan dan pengembangan pembelajaran;
  2. pelaksanaan pengembangan asesmen pendidikan dan pengembangan pembelajaran;
  3. koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan pengembangan asesmen pendidikan dan pembelajaran;
  4. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan asesmen pendidikan dan pembelajaran; dan
  5. pelaksanaan urusan ketatausahaan Pusat.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran terdiri atas:

  • Subbagian Tata Usaha; dan
  • Kelompok Jabatan Fungsional.

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, barang milik negara, persuratan, kearsipan, dan kerumahtanggaan Pusat.

Struktur Organisasi

Visi dan Misi

Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global


Tujuan Kemendikbud pada 2020-2024:

  1. Perluasan akses pendidikan bermutu bagi peserta didik yang berkeadilan dan inklusif.
  2. Penguatan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik.
  3. Pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter.
  4. Pelestarian dan pemajuan budaya, bahasa dan sastra serta pengarus-utamaannya dalam pendidikan.
  5. Penguatan sistem tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

Sasaran Kemendikbud pada 2020-2024:

  1. Meningkatnya pemerataan layanan pendidikan bermutu di seluruh jenjang.
  2. Meningkatnya kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan di seluruh jenjang.
  3. Menguatnya karakter peserta didik.
  4. Meningkatnya pemajuan dan pelestarian bahasa dan kebudayaan.
  5. Menguatnya tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Sejarah Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Sebelum 1980Sebelumnya, embrio dari pusat tersebut berada di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan (PUSLIT), tepatnya di Bidang Instrumen Penelitian dan Penilaian.
September 1980Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian didirikan pada tanggal 11 September 1980 melalui SK Mendikbud No.0222f/O/1980 tanggal 11 September 1980
Oktober 1980Diangkatnya kepala pusat definitif pertama terhitung mulai 1 Oktober 1980. Kantor yang ditempati berada di Ciputat milik pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekom Dikbud)
April 1984Terjadi penggantian Kepala Pusat yang baru. Kantor yang ditempati pindah ke Jalan Darmawangsa X No.18 – 19 yang disewa selama empat tahun
Januari 1989Pada tanggal 2 Januari 1989, kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian pindah ke Gedung sendiri di Jl.Gunung Sahari Raya Eks. Komplek Siliwangi, Jakarta Pusat sampai sekarang
Januari 2002Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian mengalami perubahan nama menjadi Pusat Penilaian Pendidikan, dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud
Tahun 2019Pusat Penilaian Pendidikan mengalami perubahan nama menjadi Pusat Asesmen dan Pembelajaran, dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemdikbud

Profil Kepala Pusat

Prof. Dr. Conny R. Semiawan
1980

Lahir di Ngawi, Jawa Timur, 6 November 1930; umur 88 tahun) adalah tokoh pendidikan Indonesia yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sekaligus sebagai Plt Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian pada tahun 1980.


Pada tahun 2015, ia menerima penghargaan UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi.

 

Prof. Dr. Sumadi Suryabrata, M.A, Ed.S.
1982 – 1983

Lahir pada tanggal 26 Juli 1930 di Boyolali Jawa Tengah. Beliau menempuh pendidikan sarjana di bidang Pedagogik Universitas Gadjah Mada dan pada tahun 1973, Profesor Sumadi memperoleh gelar Master of Arts (MA) dalam bidang Psikologi dari Ball State University, Muncie Indiana. mendapatkan gelar Eds di bidang Psikometri dari universitas yang sama. Gelar doctor di bidang Psikologi, Pengukuran dan Statistik diperoleh beliau di University of Iowa pada tahun 1976.


Prof. Sumadi Suryabrata menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 12 Desember 2004. Bagi para akademisi Indonesia, Prof. Sumadi Suryabrata merupakan seorang pendidik, akademisi, dan peneliti yang sejati serta penulis buku yang sangat produktif.

Dr. R. Ibrahim
1984 – 1987

Menjabat sebagai kepala pusat penelitian dan pengembangan Sistem Pengujian selama 3 tahun.

Prof. Dr. Moegiadi, MA.
1987 – 1990

Lahir di Makassar, 13 April 1937. Beliau pernah menjabat sebagai sekretaris Balitbang, Kemdikbud (1990  Direktur Eksekutif Pusat Kurikulum Nasional dan Fasilitas Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1985 – 1992), Deputi Direktur Southeast Asia Ministers of Education Secretariat (SEAMES), Bangkok (1981 – 1984), Sekretaris dan Anggota BPPN (1989 – 1992).

Guru Besar dalam bidang Pendidikan di IKIP Bandung (UPI); dengan pengalaman mengajar di IKIP Jakarta (UNJ), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur UNESCO Regional Office Islamabad Pakistan.

Jahja Umar, Ph.D.
1990 – 2002

Beliau adalah Menjabat sebagai kepala pusat penelitian dan pengembangan Sistem Pengujian paling lama, yaitu selama 12 tahun.

Saat ini beliau aktif sebagai dosen Psikometri di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

 

Bahrul Hayat, Ph.D.
2002 – 2005

Lahir di Tasikmalaya, 30 April 1959 (umur 60 tahun) adalah Kepala Pusat saat terjadinya perubahan nama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian menjadi Pusat Penilaian Pendidikan. Beliau pula yang merubah EBTANAS menjadi Ujian Nasional sampai sekarang pada tahun 2002. Beliau adalah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI periode 2006-2014.

Beliau menempuh S1 Fakultas Sastra di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, S2 di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, dan S3 Universitas Chicago, Amerika Serikat.

Saat ini beliau aktif sebagai dosen Psikometri di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal periode 2015-2020.

 

Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA.
2005 – 2009

Menjabat sebagai kepala Puspendik selama 4 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai pusat Penilitan Kebijakan dan Inovasi Pendidikan.

Saat ini beliau mengabdi sebagai guru besar di Universitas Negeri Jakarta.

 

Dr. Nugaan Yulia Wardhani Siregar, M.Psi.
2009 – 2010

Menjabat sebagai kepala Puspendik cukup singkat hanya 1,5 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur PGTK PAUD dan Dikmas.

Saat ini beliau telah purna tugas dari Kemendikbud.

Dr. Ir. Hari Setiadi, MA.
2010 – 2013

Menjabat sebagai kepala Puspendik selama 3 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Bermutu.

Saat ini beliau mengajar sebagai dosesn di Universitas Prof.Dr. Hamka, Jakarta.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.d.
2013 – 2017

Beliau menjabat sebagai kepala pusat Puspendik selama 4 tahun.

Ir. : Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada, Indonesia

M.Sc. : River, Estuary & Coastal Eng., Imperial College of Science & Technology, University of London, Inggris.

Ph.D. : Civil Engineering Hydraulics, Imperial College of Science & Technology, University of London, Inggris.

Saat ini beliau aktif sebagai Dekan di Fakultas Teknik, UGM.

Moch. Abduh, Ph.D.
2017 – 2020

Lahir di Sidoarjo tahun  1967. Menamatkan SD sampai dengan SMA di Sidoarjo. Gelar sarjana diperoleh di ITS pada jurusan Matematika. Menamatkan S2 di State University of New York (SUNY), New York, USA, dan S3 di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Melbourne, Australia.

Sebelum di Puspendik, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Sinkronisasi Kebijakan, Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. Selain itu, beliau juga pernah bekerja di Ditjen Dikdasmen.